fbpx
HiburanTabanan

Tabanan Kite Festival, Seribu Layang-layang Warnai Langit Tanah Lot

Tabanan,mediapelangi.com- Ruang bagi para penghobi Layang-layang masih terbuka lebar di Kabupaten Tabanan,sekaligus sebagai wadah organisasi bagi seluruh para pelayang dan pecinta layang-layang di Bali, Persatuan Layang-layang Indonesia Daerah Bali (Pelangi Bali). Pelangi Tabanan akan menyelenggarakan perlombaan layang-layang Tabanan Kite Festival I tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Subak Gadon,di sekitar wilayah Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot pada 9 hingga 10 September 2017.Desa Beraban,Kecamatan Kediri,Kabupaten Tabanan.

Saat ini peserta yang baru mendaftar sebanyak 1 500 peserta layangan yang rencananya akan diikuti sekitar 1.800 peserta yang akan mengikuti event tahun pertama Pelangi Tabanan tahun 2017. Perlombaan dibagi dalam dua kategori yakni kategori remaja dan dewasa dengan jenis Layang Bebean, Pecukan, Janggan dan layang-layang kreasi baru,sementara pecukan Tabanan yang merupakan cirri khas Tabanan juga akan ikut dilombakan,”kata Sekretaris Lomba I Putu Eka Putra Nurcahayadi.Senin(04/09/2017).

Menurut dia karena tingginya animo masyarakat dalam mendaftar lomba laying-layang ini, pihak panitia terpaksa harus memperpanjang waktu pendaftaran hingga tanggal 7 September, padahal sebelumnya pendaftran sampai pada tanggal 31 Agustus,”jelasnya. Ketua Komisi I DPRD Tabanan ini.

Dalam perlombaan kali ini pihak Pelangi Tabanan yang bekerjasama dengan Pelangi Bali. Untuk juri, pihaknya akan transparan dalam melakukan penilaian lomba,dimana akan ada enam juri untuk penilaian, ada juri pantau enam orang dan juri ukur delapan orang. Menurut rencana lomba ini akan di buka oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti,” terangnya

Saat disinggung masalah parkir kendaran bagi peserta menurut Ketua panitia lomba I Made Edi Wirawan, pihaknya akan menggunakan area parkir Surya Mandala di sebelah barat DTW Tanah Lot,area parkir Surya mandala bisa menampung hingga 700 kendaraan. Nantinya kami minta kepada para peserta agar tidak menggunakan truk,”ujar Politisi PDIP asal Desa Beraban.

Sementara untuk hadiah selain uang tunai juga disediakan hadiah undian yang berasal dari kupon yang dijual dengan harga Rp 10 ribu.Dengan Hadiah utamanya sebuah sepeda motor. “Saat pengundian juga akan diisi acara hiburan,” terangnya

Adapun jenis layangan yang akan dilombakan di anataranya, bebean lokal Tabanan ukuran 3,5 hingga 5 meter. Pecukan lokal Tabanan 3,5 hingga 5 meter. Bebean remaja 2-3 meter hingga bebean sebesar-besarnya. Pecukan remaja 2-3 meter dan dewasa sebesar-besarnya. Janggan remaja dan dewasa serta layangan kreasi baru yang menggunakan bambu.Khusus akan ada lomba layangan pecukan Tabanan, hadiah utamanya mencapai Rp 8 juta. Secara keseluruhan nilai hadiannya mencapai Rp 100 juta.(*mp)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.