fbpx
PemerintahanTabanan

Bagian Humas dan Protokol Tabanan Gelar Bimtek Produksi Karya Kreatif Video dan Komunikasi Pelayanan

Tabanan, mediapelangi.com – Di era globalisasi ini masyarakat, pekerja, maupun birokrasi dihadapkan pada perkembangan teknologi yang sangat cepat dan persaingan di segala bidang. Begitu juga dengan Bagian Humas dan Protokol yang mempunyai tugas dan peran vital dalam mengemban tugas sebagai corong pemerintahan. Selain harus mampu memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat, Humas dan Protokol dituntut untuk mengaktualisasikan kegiatan pemerintah Daerah melalui teknologi informasi, salah satunya  dengan video yang bisa diakses oleh masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Tabanan mengadakan Bimtek Kehumasan dan Keprotokolan dengan tema ‘Proses Kerja Efektif dan Efisien Dalam Produksi Karya Kreatif Video dan Tentang Komunikasi Pelayanan’ Selasa (12/9/2017) di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan.

Bimtek ini secara resmi dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi. Hadir Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan.

Ketua Panitia Bimtek, Dian Setiawan mengatakan Bimtek Kehumasan dan Keprotokolan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparat dalam produksi karya kreatif video.

“Tugas pokok yang diemban Bagian Humas dan Protokol belakangan ini semakin padat dan meningkat. Humas dan Protokol sedikit tidaknya harus bisa menguasai kemajuan teknologi dan mampu mengoperasikan sarana dan prasarana seperti kamera foto dan video. Sehingga melalui Bimtek ini diharapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan di instansi masing-masing,” jelasnya.

Demikian juga  dengan petugas front office, dibutuhkan kesiapan, kesigapan, ketetapan serta kemampuan dalam menjalankan tugasnya agar bisa memberikan kesan baik dan pelayanan prima kepada setiap tamu yang membutuhkan informasi tentang satuan perangkat daerah di Pemkab Tabanan.

“Selain produksi karya kreatif video, peserta juga diberikan komunikasi pelayanan melalu praktek tata krama front office, dan diharapakan juga melalui kegiatan ini mampu membangun citra positif Pemerintah Kabupaten Tabanan di mata publik,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Eka dalam sambutan tertulis yang dibacakan I Wayan Yatnanadi mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas Bimtek yang diselenggarakan dan meminta para peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikutinya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Bimtek ini. Kepada peserta saya minta mengikutinya dengan tekun dan serius. Sehingga kita semua berharap apa yang  mampu kita lakukan di masa lalu akan ada perbaikan-perbaikan di masa mendatang dalam upaya kita memberikan pelayanan maksimal, handal dan profesional kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Fraksi Gerindra DPRD Tabanan Sampaikan Pandangan Umum terhadap 2 Ranperda

Pihaknya mengatakan kekuatan suatu organisasi pemerintahan sangat tergantung kepada informasi atau pengetahuan yang dimiliki. Informasi akan menjadi perekat unsur-unsur yang ada dalam suatu organisasi. Selain melalui media massa kegiatan humas juga menjadi efektif bila disiarkan melalui teknologi informasi yakni tayangan video.

“Teknologi informasi adalah teknologi pengolahan data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu,” imbuhnya.

Kegiatan Bimtek Kehumasan dan Keprotokolan Pemerintah Kabupaten Tabanan dilaksanakan pada tanggal 12-15 September. Bimtek ini diikuti 69 peserta yang terdiri dari staf kecamatan se-Kabupaten Tabanan dan Staf bagian Humas dan Protokol Tabanan. Bimtek ini menghadirkan narasumber I Wayan Dwitayana dengan materi teori dan praktik kerja efektif dan efisien dalam produksi karya kreatif video dan Putu Suprapti Santy Sastra dengan materi teori dan praktek tata krama di bidang front office. (hmstbn)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.