fbpx
GianyarPariwisata

Kepedulian Wisatawan Untuk Menjaga Lingkungan Kebun Raya Gianyar

Gianyar,mediapelangi.com-Sebagai wujud kepedulian ikut serta  dalam menjaga lingkungan dan sumber mata air,wisatawan yang berkunjung ke kebun Raya Gianyar,Banjar Pilan,Desa Kerta,Kecamatan Payangan ,Gianyar,ikut menanam berbagai jenis pohon.

Salah satunya adalah pohon Manggis,selain akan bisa tumbuh subur dengan usia puluhan tahun ini dengan menanam pohon jenis ini juga menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi.

Di hutan seluas tiga puluh hektar in,seluruh wisatawan yang berkunjungke obyek ini sengaja disediakan bibit berbagai jenis pohon dengan lahan yang disediakan pihak pengelola hutan tersebut yakni Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar.

Kunjungan wisata ini dilakukan,selain untuk memperkaya jenis pohon di hutan ini,diberikannya kesempatan bagi wisatawan untuk menanam pohon sendiri saat berkunjung, dan diharapkan untuk ikut menjaga sumber mata air,terutama yang bersumber dari hutan di pegunungan di musim kemarau panjang.

Selain menjaga ketersediaan air di musim kemarau,di kebun raya ini juga ditanam berbagai jenis tanaman obat dan upacara untuk umat hindu.

Salah satu wisatawan asal Australia Anika Molesworth,mengaku sangat spesial dan senang dengan cara  pemeliharaan lingkungan seperti ini untuk ikut menjaga budaya dan kearifan lokal, dan sangat special juga dapat ikut menanam pohon manggis ini di Bali,”jelasnya.

Selain menjaga ketersediaan air di musim kemarau,tidak hanya berbagai jenis pohon buah – buahan yang ada di kebun raya ini juga tersedia kebun yang ditanami berbagai tanaman obat dan kebutuhan upacara untuk umat Hindu.(*mp).

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.