fbpx
CeremonialGianyar

Nangluk Merana di Pantai Lebih, Sucikan Alam Semesta

Gianyar, Mediapelangi.com–Hari ini Senin (18/12/2017) Tilem Kenam, Soma Paing Merakih Umat Hindu di Gianyar menggelar  Upacara-Yadnya Nangluk Merana yang pelaksanaannya di pusatkan di Pantai Lebih Gianyar.

Nampak ribuan umat hindu datang dari berbagi penjuru Desa menuju Pantai Lebih. Nampak hadir juga ditengah-tengah umat Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra.

Upacara Nangluk Merana yang jatuh pada Tilem Sasih Kenam ini diyakini sebagai upaya mengharmoniskan kembali semua unsur jagat raya, dimana terjadi musim pancaroba yang sangat berkaitan dengan perubahan iklim serta cuaca ektrim yang kerap  terjadi.

Baca Juga:  Hari Kunjung Perpustakaan: Momentum Penting untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Tidak hanya itu pada sasih kenam juga diyakini banyak tanaman terganggu oleh hama sehingga dimohonkan agar semua kembali subur dan dapat mendatangkan kesejahteraan.

Saat upacara berlangsung, selain diiringi tarian sakral juga dibarengi dengan doa khusus bencana Gunung Agung. Tarian sakral yang dipentaskan berupa tari topeng, baris, rejang renteng dan wayang lemah.

Pada kesempatan ini  Wabup Gianyar mengatakan,upacara penyucian jagat raya ini diharapkan dapat membawa keharmonisan bagi seluruh umat, terangnya.

“Upacara penyucian di masing-masing wilayah diharapkan mendatangkan keharmonisan alam semesta beserta isinya, dan semua profesi mendapatkan kesejahteraan,”pungkasnya. (*mp-kr-ad)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.