fbpx
BangliPemerintahan

Bupati I Made Gianyar Resmikan Los Pasar Kayuamba

BANGLI,MEDIAPELANGI.com— Salah satu prioritas yang harus di tumbuh kembangkan melalui oktimalisasi ekonomi kerakyatan, Bupati Bangli I Made Gianyar SH.M.Hum meresmikan Los Pasar Kayuamba Kecamatan Susut yang ditandai dengan pengguntingan pita prasasti Jumat (12/1/2017).

Turut hadir dalam kesempatan itu Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangli I Nengah Sudibya, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bangli Ni Luh Ketut Wardana.SE, Kepala Pasar Kayuamba I Wayan Sukarma Adiputra, beserta para pedagang.

Bupati Bangli I Made Gianyar dalam kesempatan itu mengatakan Pasar Kayuamba dibangun bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan RI dengan Pemerintah Kabupaten Bangli melalui anggaran Tugas Pembantuan Kementrian Perdagangan tahun 2017 dengan anggaran sebesar 4 Milyar lebih.  Pasar ini dibangun sebagai  Pasar Tradisional berorientasi modern sehingga seluruh elemen masyarakat terutama para pedagang agar bisa mengelola dan menjaga kebersihan sehingga pasar kayuamba bisa memiliki slogan pasar yang nyaman, aman dan ramah”ujarnya.

Baca Juga:  Pendaki Terperosok di Gunung Abang Ditemukan di Jurang

Dengan demikian nantinya pendapatan asli daerah khususnya di Pasar Kayuamba bisa meningkat seiring dengan rampungnya los pasar yang nantinya bisa menampung lebih banyak lagi para pedagang.

Lebih lanjut disampaikan, tugas pemerintah salah satunya adalah mensejahterakan rakyatnya dengan terpenuhi segala kebutuhan pokok masyarakat yakni menggerakkan perekonomian  dengan membangun pasar. Untuk di Kabupaten Bangli sudah mengalokasikan anggaran melalui program Gerakan Pembanguan Ekonomi Masyarakat (gerbangmas) yang juga menyasar pasar salah satunya Pasar Kidul dan juga Pasar Terminal Loka Srana.

Bupati berkomitmen akan menuntaskan perbaikan dan pembangunan pasar yakni pasar Kintamani, Kayuamba dan juga Pasar Kidul sampai tahun 2019 serta akan memperbaiki Pasar Yangapi sebagai pasar grosir untuk produk produk di Kabupaten Bangli”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Pasar Kayuamba I Wayan Sukarma Adiputra mengatakan, bantuan los pasar yang bersumber dari dana Kementrian Perdagangan dibangun seluas 20 are dengan jumlah lapak 193 dan 19 kios, kantor pengelola pasar serta sarana umum seperti WC. Seluruh lapak akan ditempati oleh para pedagang daging, ikan, jajanan, buah yang sebelumnya menempati los darurat.

Rencana pembangunan Pasar Kayuamba tahap berikutnya adalah akan di bangun 2 bangunan lagi meliputi rencana penataan parkir bawah dan pasar dengan 36 kios dan pembanguan pasar depan yang akan menampung 67 kios dan 52 lapak”ucapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya los yang baru ini dan sudah di siapkan penerangan lampu nantinya bisa buka setiap hari sampai sore dimana sebelumnya buka setiap tiga hari sekali . “ Ini nantinya akan bisa mendongkarak PAD Bangli,“ pungkasnya (*/nt).

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.