fbpx
DenpasarPariwisata

Ini 6 Festival di Bali yang Termasuk 100 Wonderful Events Indonesia 2018

DENPASAR,MEDIAPELANGI.com—Memasuki tahun 2018 Kementerian Pariwisata RI meluncurkan daftar atau kalender 100 event atau festival unggulan di Indonesia yang dikemas dalam buku panduan “100 Wonderful Events Indonesia 2018”.

Keseratus event tersebut ditetapkan menjadi event pilihan yang merupakan hasil seleksi tim kurator dari sekitar 3000 event yang ada diseluruh Indonesia. Kalender 100 event unggulan tersebut dilengkapi dengan nama event, provinsi serta tanggal dan bulan penyelenggaraan event. Dari 100 event unggulan 6 event/festival ada di provinsi Bali antara lain;  Bali Spirit Festival, Ubud Writer Festival, Nusa Dua Fiesta, Festival Buleleng, Festival Nusa Penida dan Festival Tenganan.

Selain 100 event unggulan, tim kurator juga menetapkan 10 top event nasional, 2 event diantaranya ada di Bali yaitu; Pesta Kesenian Bali (PKB) pada bulan Juni 2018 dan Sanur Village Festival pada bulan Agustus 2018. Delapan event lainnya yang termasuk 10 top event nasional yakni; Java Jazz, Jember Fashion Carnaval, Iron Man 70.3 Bintan, Festival Payung Indonesia, Karnaval Kemerdekaan, Grand Karnaval Indonesia, Banyuwangi Ethno Carnival dan Borobudur Marathon.

Baca Juga:  Hari Kunjung Perpustakaan: Momentum Penting untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
Photo : Bali Spirit Festival

Saat dihubungi via telepon,Jumat (12/1/2018) Direktur Eksekutif PHRI Bali I.B Purwa Sidemen mengatakan setiap tahun Kementerian Pariwisata rutin memilih event unggulan untuk kunjungan pariwisata Indonesia, terangnya.

Sementara Ketua PHRI Tabanan I Gusti Bagus Damara mengatakan, event/festival di daerah-daerah berpeluang  menjadi daya tarik bagi wisatawan apabila benar-benar memiliki kekhususan dan keunikan sesuai potensi daerah. “Festival harus memiliki konsep yang jelas dan unik. Misalnya Kabupaten Tabanan karena daerah pertanian, kedepannya bisa merancang Jatiluwih Agriculture Festival sebagai festival unggulan nasional dan dunia, terangnya.

“Tidak perlu ada banyak festival, yang penting konsepnya jelas dan dilaksanakan secara konsisten,”pungkasnya.

Sementara Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam kalender 100 Wonderful Event Indonesia 2018 menuliskan bahwa, “Keindahan destinasi pariwisata Indonesia, telah diakui dunia, dan telah mendapatkan penghargaan dari berbagai kalangan pariwisata. Data  menunjukkan, lebih dari setengah wisatawan mancanegara,justru tertarik karena keragaman dan keunikan  budaya Indonesia.Yahya menyebut event sepanjang tahun 2018 sebagai “Archipelago of Events”.

Tidak itu saja Yahya juga menulis dua event besar yang diselenggarakan tahun 2018 ini yakni ASIAN Games 18 di Jakarta-Palembang serta Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali.  Perhelatan ini menjadi magnet utama perjalanan dan mendorong diciptakannya event baru. Dengan terbitnya 100 Wonder Calender of Event ini, merupakan undangan terbuka untuk Visit Wonderfull Indonesia 2018, tulisnya.

Selain event/festival, Indonesia juga memiliki wisata bahari yang sangat bagus yang tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Seperti dirilis oleh CNN International, snorkeling site terbaik di dunia ada di Raja Ampat. Runner up -nya adalah Labuan Bajo, NTT (*/kr)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.