fbpx
PertanianTabanan

Pemasaran Lancar, Mencari Uang Tambahan Dari Menjual Bunga Pacar

TABANAN,MEDIAPELANGI.com–Bagi umat Hindu di Bali kebutuhan bunga untuk persembahyangan cukup tinggi. Salah satu jenis bunga yang banyak digunakan adalah bunga pacar air (Impatiens balsamina L).

Jenis bunga ini biasanya digunakan untuk membuat canang sari karena memiliki corak warna yang beragam yakni putih, ungu, merah dan merah muda.

Karena  bunga pacar air memiliki nilai jual yang lumayan, maka tanaman ini banyak ditanam oleh petani di desa-desa sebagai tanaman sampingan selain padi dan palawija.

Seperti halnya Ibu Putu Herni Yusnita seorang petani asal Desa Pesagi Penebel Tabanan, menanam tanaman pacar di sawahnya beberapa petak. Ia mengaku rutin memetik bunga setiap hari kecuali hujan dengan produksi rata-rata 3-5 kg. “Saat musim hujan seperti sekarang ini  tanaman pacar tetap berbunga. Cuma kalau kita mau memetik, kita harus tunggu dulu sesaat agar bunga tidak dalam keadaan basah. Kalau dipetik saat masih basah bunga akan cepat rusak. Bunga yang dipetik kemudian dijual kepada pengepul. Memasarkannya gampang, sudah ada langganan yang ngambil,”akunya Minggu (14/1/2018).

“Biasanya 5 atau 3 hari menjelang rainan, harga bunga per Kg cukup tinggi antara Rp. 15.000,- – Rp. 20.000, per kg. Sedangkan hari biasa harganya rata-rata Rp. 6.000,- per kg. Yah lumayan untuk nambah uang sekolah dan uang jajan anak-anak, pungkas ibu Putu (*/kr).

 

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.