fbpx
BirokrasiFeaturedJembrana

Pelipatan Kertas Suara KPU Jembrana Libatkan Warga Sekitar

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jembrana, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018. Ajang pemilu  menjadi berkah tersendiri bagi puluhan warga yang tinggal di sekitar kantor KPUD Jembrana.

Untuk itu puluhan warga yang tinggal di sekitar kantor KPUD Jembrana, Sabtu (2/6/2018) kecipratan rezeki dari pelaksanaan pilkada Bali ini. KPUD Jembrana memberikan kesempatan bagi warga ini untuk memperoleh uang tambahan dengan menjadi tenaga pelipat surat suara.

Puluhan warga yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan pekerja serabutan ini mendapatkan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan dengan menjadi tenaga pelipat dan penyortir surat suara.

Baca Juga:  Kabupaten Tabanan Raih Penghargaan Daerah Peduli Stunting dan Kesehatan

Tiap warga yang ikut menjadi tenaga penyortir dan pelipat surat suara ini diupah oleh KPUD Jembrana sebesar Rp 100 untuk setiap surat suara yang disortir dan dilipatnya.

KPUD Jembrana tidak membatasi jumlah pelipatan surat suara masing-masing tenaga pelipat surat suara. Makin cepat dan banyak mereka bisa melipat surat suara maka makin banyak pula upah yang mereka terima.

Rata-rata dalam sejam tiap tenaga pelipatan surat suara ini mampu melipat lebih dari 100 surat suara. Jumlah tersebut tinggal dikalikan dengan banyaknya surat suara yang berhasil dilipat warga.

Sementara itu seorang tenaga pelipat surat suara I Luh Ardani mengaku, mumpung tidak ada kerjaan lain, jadi ikut melipat kertas. Sudah sering.ikut, setiap harinya hanya sebagai ibu rumah tangga. Ada tambahan penghasilan. Ya paling 200 an dapat ngelipat dalam satu jamnya,”akunya.

Jumlah surat suara yang harus dilipat dan disortir oleh puluhan tenaga pelipat dan penyoirtir surat suara ini sebanyak 231.532 lembar surat suara.

Untuk pelipatan dan penyortiran surat suara ini KPUD Jembrana memberikan waktu mulai hari ini hingga (6/6/2018) mendatang.(ka- ak)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.