fbpx
BadungFeaturedPeristiwa

Diguncang Gempa, Sejumlah Pelinggih di Pelaga Rusak

BADUNG, MEDIAPELANGI.com – Gempa bumi yang mengguncang Minggu (5/8/2018) malam, mengakibatkan kerusakan bangunan dan pelinggih di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Berdasarkan data yang berhasil di himpun kerasnya gunjangan gempa mengakibatkan kerusakan pelinggih di pura Puncak Manggu diantaranya 12 buah pelinggih mengalami kerusakan  serta sejumlah tembok penyengker dan candi juga mengalami kerusakan.

Tak hanya itu  kerusakan pelinggih terjadi di Pura Puseh Desa Adat Tinggan tembok Bale roboh, Pura Bukit  Tinggi satu pelinggih roboh, Pura Desa Tinggan tembok penyengker roboh sekitar 25 meter, candi bentar patah. Sementara itu di pura Dalem Tinggan Gedong Pelik roboh, paruman mengalami jebol, Balai gong retak serta tembok penyengker mengalami kerusakan sepanjang 5 meter.

Baca Juga:  Sekda Dewa Indra Hadiri Pembukaan Bali International Airshow 2024

Saat di konfirmasi Kapolsek Petang AKP Ketut Edi Susila membenarkan kejadian tersebut dampak dari guncangan gempa kerugian di Pura Puncak Manggu belum bisa ditafsir, di Pura Puseh Desa Adat Tinggan sekitar 20 juta, untuk kerugian Pura Bukit Tinggi Banjar Tinggan sekitar 100 juta,  sementara itu untuk kerugian di Pura Desa Tinggan sekitar 250 juta. Sedangkan kerugian di Pura Dalem Desa Adat Tinggan belum bisa di tafsir. Beruntung peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa,”terang perwira asal Desa Pandak ini. (ka)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.