fbpx
CeremonialFeaturedTabanan

Apresiasi Kekompakan Warga dalam Meyadnya, Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben Massal di Wanasari

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, M.M. menghadiri ngaben massal di Desa Wanasari, Baleran,  Senin (29/10/2018).

Dalam sambutannya Wabup Sanjaya memberikan apresiasi kepada warga Wanasari atas kekompakan dalam melakukan yadnya. Dikatakannya pelaksanaan Ngaben massal tidak mengurangi makna dari upacara, melainkan dapat memberikan manfaat salah satunya adalah meringankan beban penyelenggara.

“Saya memberikan apresiasi kepada warga Wanasari yang bergotong royong malakukan kegiatan ini. Ngaben massal tidak mengurangi makna, yang terpenting adalah rasa tulus ikhlas dalam meyadnya. Tujuan yadnya adalah baik. Maka harus dilakukan sungguh-sungguh. Dengan ngaben massal ini juga akan meringankan beban keluarga,” ujar Wabup Sanjaya.

Wabup Sanjaya juga berpesan kepada seluruh warga Wanasari untuk berperan dalam pelestarian adat, agama dan budaya Bali. Dirinya juga berpesan agar warga menjunjung persatuan dan kesatuan serta menjaga komunikasi dan koordinas dengan pemerintah.

“Panca Yadnya harus terus dilakukan karena sejak manusia di lahirkan sudah memiliki hutang , hutang ini harus di bayar, karen kita ingin  hidup kita menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga persatuan, kesatuan, karena jika kita sudah bersatu maka apapun akan dapat kita lalui.” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Sanjaya juga menyerahkan punia yang diterima oleh panitia setempat.

Sementara itu Panitia Karya Made Kardian mengungkapkan ngaben massal di desanya dilakuakan setiap lima tahun sekali, dan puncak acara pelaksanaan yadnya akan digelar Jumat 2 November mendatang. DIjelaskan dalam kegiatan ngaben massal ini terdiri dari 15 sawa,18 atma wedana,57 metelung bulanin  dan 43 metatah. Sedangkan sumber dana bersumber pada iuran warga.

Baca Juga:  Mobil BMW Terbakar di Jalan Denpasar-Gilimanuk, Diduga Korsleting Listrik

“Untuk ngaben massal setiap adat yang aktif dikenai iuran 10 ribu setiap bulan selama 5 tahun. Untuk puncak pelaksanaan karya akan dilakukan Jumat mendatang.”ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wabup Sanjaya serta semua pihak yang hadir, karena telah berkenan menyaksikan upacara tersebut  serta bersedia meringankan beban masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Wabup Sanjaya dan para undangan yang telah hadir untuk memberikan kami dukungan. Semoga komunikasi dan hubungan ini terus terjaga dengan baik.” imbuhnya. (rls)

 

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.