fbpx
BirokrasiFeaturedJembranaPertanian

Disperindag Jembrana Sidak Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Hasilnya

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru Tim  Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jembrana melakukan sidak pasar. Sidak pasar ini dilakukan guna mengetahui harga dan stok sembako jelang Natal dan Tahun Baru.

Dari sidak pasar yang dilakukan petugas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kamis (13/12/2018) didapati harga kebutuhan pokok atau sembako relatif stabil walau ada juga beberapa yang mengalami lonjakan namun tidak signifikan.

Seperti pada komoditi beras misalnya, di Kabupaten Jembrana harga beras masih tetap dijual Rp 11 ribu sampai Rp 12 ribu  tergantung kwalitas beras.

Sementara harga daging ayam melonjak dari Rp 35  per kg menjadi Rp 38 ribu per kg. Daging sapi masih tetap dijual Rp 110 ribu  per kg.

Harga telur ayam ras masih tetap Rp 1.250  per butir. Sedangkan harga minyak goreng masih tetap Rp 11.400  per liter.Kenaikan bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru ini terjadi pada bumbu dapur. Harga bawang merah melonjak dua ribu dari Rp 18 ribu rupiah menjadi  Rp 20 ribu per kg. Harga bawang putih tetap Rp 18 ribu  per kg.

Sementara itu harga cabai merah besar jelang Natal dan Tahun Baru melonjak dari Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu. Harga cabai merah kecil juga melonjak tiga ribu rupiah dari  Rp 21 ribu per kg menjadi Rp 24 ribu per kg.

Kenaikan harga bumbu dapur jelang Natal dan Tahun Baru ini menurut pedagang lantaran pasokan dari petani yang menurun akibat cuaca buruk.

Baca Juga:  Hari Kunjung Perpustakaan: Momentum Penting untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Sementara menurut Kadis Koperindag Jembrana Made Gede Budiartha mengatakan, untuk stok kami pastikan relative aman, kami juga sudah pastikan dengan Bulog itu sudah ada cadangan sampai akhir hari raya. Dan kami harapkan kondisi harga ini bisa terus kita pertahankn hingga hari raya,”katanya.

Untuk itu Tim Pengendali Inflasi Daerah menjamin jelang Natal dan Tahun Baru ini stok sembako termasuk bumbu dapur di kabupaten Jembrana masih aman.

Jika terjadi lonjakan harga sembako yang cukup signifikan,Tim Pengendali Inflasi Daerah(TPID) juga telah siap mengendalikan harga sembako dengan melaksanakan pasar murah. (ka-ak)

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.