fbpx
AdvertorialBirokrasiFeaturedJembranaPemerintahanSosial

HPSN 2019, Bupati Artha Ajak Masyarakat Peran Aktif Kelola Sampah

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Masalah sampah adalah masalah yang sering dianggap sepele bagi sebagian orang, namun kenyataannya jika sampah tidak di kelola dengan baik akan berdampak negative bagi lingkungan dan kesehatan di masa yang akan datang. Penanganan sampah tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja, namun harus menggerakkan semua komponen.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya saat Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bertempat di TPA Peh, Kaliakah, Jembrana, Jumat (22/2/2019).

Artha menambahkan penanganan sampah, harus dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. “Mulailah dengan memilah sampah rumah tangga, kemudian di tangani tingkat banjar, kelurahan/desa” papar Artha.

Artha mencontohkan keberhasilan Desa Baluk, yang sudah mengelola sampahnya dengan mandiri. “Di Desa Baluk, pengelolaan sampahnya sudah sangat baik. Dan hasil akhirnya pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang bisa di jual.

Hal tersebut harus menjadi contoh untuk semua desa dan kelurahan. Para Camat harus memonitor pelaksanaan pengelolaan sampah di semua desa dan kelurahan” imbuhnya.

Lebih lanjut Artha mengusulkan kepada OPD terkait agar diadakan lomba kebersihan tingkat desa/kelurahan. “Dulu jika ada desa yang memiliki peringkat kotor/jorok maka akan di berikan bendera hitam sebagai pertanda bahwa desa tersebut jorok. Sedangkan desa yang bersih mendapat hadiah.

Saya berharap hal tersebut bisa di laksanakan kembali, dan desa yang menang mendapatkan hadiah berupa truk pengangkut sampah” tambah Artha.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana, I Wayan Sudiarta mengatakan bahwa Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 dilaksanakan serentak di semua Kabupaten/Kota pada 22 February. Sudiarta nambahkan kegiatan diawali dengan gotong royong di sekitar TPA yang diikuti berbagai instansi, diadakan demontrasi pembuatan kompos dan pemilahan sampah.

Turut hadir pada acara tersebut, Wabup Jembrana Made Kembang Hartawan, Dandim 1617 Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok, Wakapolres Jembrana Kompol Komang Budiarta, Ka Rutan Jembrana, Perwakilan Balai Riset dan Observasi Laut, kepala – kepala OPD Pemkab Jembrana, ASN Pemkab Jembrana, personel TNI dan Polri.(*rls)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.