fbpx
BirokrasiFeaturedJembranaPemerintahanPeristiwa

POM Buleleng Temukan Makanan Mengandung Zat Berbahaya

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Loka POM Buleleng saat melakukan sidak di Pasar Umum Negara, Kabupaten Jembrana menemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya yang dijual pedagang, Kamis (9/5/2019)

Dari 23 sample bahan makanan yang diuji tersebut petugas POM  hanya satu sample yakni kerupuk yang ditemukan positif mengandung boraks,”kata Melissa petugas Loka POM  Buleleng.

Dia mengatakan, dari 10 pedagang di Pasar Umum Negara, Jembrana yang disidak di temukan 28 bungkus atau 28 kilogram boraks dijual di tiga pedagang.

Baca Juga:  PJ Bupati Lihadnyana Groundbreaking Pembangunan Kantor Polres Buleleng

Boraks yang sering digunakan sebagai campuran detergen, gigi buatan, plastik, pembasmi serangga serta pengawet kayu, yang biasanya dibeli oleh pembuat krupuk,”ungkapnya.

Selain menemukan 28 kilogram boraks yang dijual pedagang di Pasar Umum Negara, petugas juga menguji 23 sample bahan makanan seperti jajanan pasar, kue,ikan asin, tahu, krupuk dan lainnya.

Atas temuan ini petugas bpom kemudian menyita 28 kilogram boraks yang didapatkan dalam sidak ini,di bawa ke kantor Loka POM Buleleng sebagai barang bukti.

Loka POM Buleleng juga meminta Dinas terkait di Pemkab Jembrana untuk rutin melakukan pengawasan ke pedagang. jika masih kedapatan pedagang membambel menjual bahan berbahaya tersebut, maka Loka POM Buleleng akan melakukan proses hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku.(ka-ak)

 

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.