fbpx
FeaturedPeristiwaTabanan

Kebakaran Hutan Gunung Batukaru, Tak Merembet Pelinggih di Puncak

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Kebakaran hutan yang terjadi dikawasan lereng Gunung Batukaru, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali berhasil dipadamkan.

Kebakaran berhasil dipadamkan dengan peralatan seadanya setelah beberapa kelompok warga masyarakat dari berbagai wilayah mendaki ke puncak Gunung.

Dalam upaya untuk memadamkan api yang melalap lereng Gunung Batukaru tersebut, diterjunkan 15 orang berangkat dari Jatiluwih, Batukaru 5 kelompok atau sekitar 60 orang warga, dan dari Pujungan, Pupuan sekitar 24 orang.

Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada 2024: Cek Syaratnya dan Daftar Sekarang!"

Salah seorang warga yang ikut memadamkan api Pak Winda mengungkapkan api sudah berhasil di padamkan, lokasi kebakaran pada sisi lereng gunung Batukaru seluas lebih kurang 300 M2.

Sementara itu Pura Luhur Puncak Kedaton aman dan terhindar dari api. Karena posisi api ada di sekitar barat daya Bale Semanggen, yang terdapat 3 Pelinggih serta di utama Mandala terdapat Pelinggih Bebaturan aman dan jauh dari titik api.

Baca Juga:  Pendaki Terperosok di Gunung Abang Ditemukan di Jurang

Dugaan sementara kebakaran dipicu adanya tanaman hutan paku mas yang sudah lapuk  kering yang sangat rentan terjadinya kebakaran. Dengan mengunakan peralatan seadanya warga masyarakat melakukan penanganan memadamkan api agar tidak meluas dengan pemutusan titik api.(ka)

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.