fbpx
FeaturedPolitikTabanan

Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacabup di Partai Golkar, Panji Astika Usung Visi Loka Hita Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Tokoh Puri Anom Tabanan AA Ngurah Panji Astika, ST secara resmi mendaftar sebagai bakal calon Bupati Tabanan 2020 melalui Partai Golkar.

Hal tersebut ditandai dengan pengembalian formulir pendaftaran di Kantor DPD II Partai Golkar Kabupaten Tabanan di Jalan Pahlawan, Tabanan, diterima oleh PLT Ketua DPD II Golkar Tabanan I Nyoman Wirya, serta pengurus lainya, Sabtu (1/2/2020)

Ketika mengembalikan formulir pendaftaran tersebut, Ngurah Panji didampingi beberapa anggota perwakilan yowana dan penglingsir puri dan jero sejebag Tabanan, pekandelan, komunitas milenial, pengusaha UMKM, seniman dan perwakilan semua lapisan masyarakat.

Ditemui usai mengembalikan formulir Panji Astika yang juga menjabat Ketua Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Tabanan ini menjelaskan pembangunan Tabanan saat ini sudah meningkat namun perlu dipacu lagi agar bisa menyamai bahkan melebihi daerah lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya lebih baik lagi.

Pria yang ramah yang juga Ketua Asosiasi IPAL Indonesia (IpalINDO) tersebut melihat pengembangan sektor pariwisata masih sangat terbuka. Di bidang pariwisata, masih banyak yang bisa digali seperti wisata kota dan wisata desa. Sektor kerajinan juga potensinya sangat besar. Khusus di sektor pertanian, menjadi penekanan Panji Astika karena hal ini berkaitan dengan ketersediaan lapangan kerja, budaya serta pelestarian alam.

Ia yang juga aktif di Puskor Hindunesia Dekorda Tabanan ini menyebutkan semakin enggannya anak muda terjun ke pertanian salah satunya karena akibat ketidakstabilan harga, yang terkadang bagus namun saat panen raya harganya rendah bahkan anjlok drastis sehingga menimbulkan kerugian.

“Saya yakin kalau pertanian ini bisa ditumbuhkan, selain akan membuka lapangan kerja juga menekan alih fungsi lahan. Kita harus fokus di sini sebab sebagian besar masyarakat menggeluti sektor pertanian dan menjaga pertanian penting bagi pelestarian lingkungan,” tegas pengusaha yang memiliki banyak relasi di dalam dan luar negeri tersebut.

Pentolan Garda Tipikor Tabanan ini menambahkan untuk memajukan pembangunan Tabanan, kualitas SDM harus mendapat perhatian serius. Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi (Industri 4.0). “Meningkatkan kualitas SDM akan membuka peluang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk menyejahterakan masyarakat,” ujar Panji Astika seraya menegaskan kesiapannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan dengan konsep ngayah.

Adapun visi besar yang ditawarkan Panji Astika dalam perhelatan Pilkada Tabanan 2020 ini adalah Loka Hita Tabanan. Menurut Panji Astika, Loka Hita adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cita-cita dunia yang harmonis, bahagia, sejahtera, yang dicapai melalui karma dharma, sewaka dharma, pengabdian yang tulus, pelayanan kepada masyarakat, kedisiplinan, kejujuran, kepemimpinan yang berkarakter dharma, dan implementasi hubungan harmonis antara Tuhan, Manusia, dan Alam.

Loka Hita berasal dari dua kata secara leksikal yakni Loka dan Hita. Loka berarti tempat, dunia, jagat baik itu melingkupi makro dan mikro, sementara Hita dalam bahasa Sansekerta berarti keharmonisan, kebahagiaan, keselarasan. Kata “Hita” juga diadopsi dalam satu mantra Tri Sandya yakni sarvapràni hitankara, keharmonisan, perlindungan semua makhluk di dunia. Istilah Loka Hita diadopsi dan diadaptasi sebagai sebuah akronim, menjadi bermakna Satu Loka, Satu Cita, Mewujudkan Tabanan yang Anandam (Kebahagiaan Sejati).

Untuk diketahui Pilkada Tabanan 2020 menurut jadual di KPU Tabanan akan berlangsung pada tanggal 23 September 2020 nanti namun pergerakan dari masing-masing tokoh dan bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) mulai menggeliat bahkan sudah ada yang mengambil formulir pendaftaran Bacabup & Bacawabup di Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan, seperti Bacabup ada 2 kandidat no urut 1. AA Ngurah Panji Astika, ST. dari non kader dan kalangan profesional, no. 2. I Gusti Kade Heri Angligan sedangkan untuk Bacawabup no urut 1. Putu Bagus Wira Tenaya, ST., MT. no. 2 Jero Putu Tesan dan no 3. dr. I Gusti Ngurah Putera Sentosa.

Tokoh Tabanan asal Puri Anom, AA. Ngurah Panji Astika sebelummya telah datang bersama tim pendukungnya untuk mengisi formulir pendaftaran Bacabup Tabanan dari Partai Golkar diterima Biro Hukum dan HAM, Made Alit Ardika didampingi jajaran pengurus DPD II Partai Golkar Tabanan dan Panitia Penjaringan Bacabup dan Bacawabup di Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan Senin (20/1/2020) lalu.(*mp/db)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.