fbpx
FeaturedJembranaKesehatan

Hasil Uji Swab PMI Jembrana, Dinyatakan Negatif Covid-19

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com Sebagai syarat pemulangan PMI karantina, Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Jembrana telah melakukan pemeriksaan sampel swab di dua hotel lokasi karantina.

Hasilnya, 30 PMI yang menjalani karantina di Hotel Ratu dan Hotel Bali Sunset dinyatakan negative. “Hasil swabnya sudah keluar. Dari sampel yang diambil, 13 PMI di Hotel Ratu dan 17 PMI di Hotel Bali Sunset dinyatakan negatif, “ kata Jubir Gugus Tugas Covid-19, Jembrana , dr I Gusti Agung Putu Arisantha, ditemui Kamis ( 28/5/2020).

Selanjutnya untuk menentukan kepulangan PMI itu, tinggal menyelesaikan masa karantina beberapa hari lagi.

Selama ini, kata Arisantha sebanyak 147  PMI sudah diambil pemeriksaan swab. Dari jumlah itu, 3 orang PMI karantina dikonfirmasi positif covid-19 . Sementara satu orang PMI sudah dinyatakan sembuh covid-19 setelah sebelumnya dirawat diruang isolasi RSU Negara lewat hasil test rapid reaktif.

Sedangkan total PMI yang sudah datang dan menjalani karantina 414 orang. Sebanyak 266 diantaranya sudah dinyatakan sehat dan dipulangkan kerumah masing-masing.

Selain hasil test PMI Karantina, Gugus Tugas Covid-19 Jembrana juga menyampaikan hasil test swab yang dilakukan kepada enam  warga Jembrana lainnya .

Keenam warga itu berasal dari Kelurahan Loloan Timur 4 orang ,Kelurahan Loloan Barat dan Kelurahan Lelateng.

Dari hasil uji  laboratorium yang diambil Lab Mikrobiologi Sanglah, seluruhnya dinyatakan negatif.

Pengambilan sampel swab kepada enam orang itu. Dari hasil tracking gugus tugas Jembrana karena adanya kontak erat warga Jembrana dengan pasien positif covid-19 meninggal dunia asal Lumajang Jawa Timur.

“Kita bersyukur hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif. Dari hasil rapid test yang diilakukan kepada mereka sebelumnya, juga dinyatakan non reaktif.

Tinggal pengambilan sampel swab sekali lagi paling cepat 7 hari dari sekarang. Mudah-mudahan hasilnya kembali negatif , sehingga masyarakat Jembrana bisa lebih tenang dan transmisi lokal bisa dihindari ,“ ujar Arisantha.

Disampaikan Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Jembrana, hari ini kembali dilakukan pengambilan sampel swab terhadap 36 PMI yang dikarantina di Hotel Jimbarwana.

“Hari ini juga kembali kita pulangkan 15 PMI yang dikarantina di Hotel Bali Sunset Desa Baluk Kecamatan Negara. Dari hasil swab dua kali berturut-turut, seluruhnya dinyatakan negatif covid-19, “ pungkas Arisantha. (*mp/ abhi/ humas Jembrana)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.