fbpx
FeaturedJembranaKesehatan

Lonjakan Kasus Covid-19 Masih Terjadi, Masyarakat Dihimbau Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan 3M

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Penambahan kasus positif Covid-19 di Jembrana masih terjadi. Bahkan dari data satgas covid-19 Jembrana, dalam kurun seminggu terakhir tercatat penambahan kasus sebanyak 107 orang.

Angka itu termasuk tinggi, naik signifikan dibanding sebelumnya.  Hal itu disampaikan Humas Satgas Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Senin (30/11/2020).

Kasus meningkat karena berbagai faktor. Pertama ada penurunan disiplin masyarakat  dalam menerapkan 3 M sehingga penularan masih terjadi.

Kedua, potensi penularan dari berbagai kegaiatan dimasyarakat seperti adat, agama dan sosial. Kegiatan itu melibatkan banyak orang sehingga sulit dalam menerapkan jarak aman, dan potensial menimbulkan penularan. “Kalau kita lihat dari data seminggu ini ada lonjakan kasus, meskipun dibarengi juga dengan tingkat kesembuhan yang tinggi. Ini menandakan penularan virus masih terjadi jika protokol kesehatan utamanya penerapan 3 M tidak secara ketat dilakukan,“paparnya .

Ia juga menyampaikan kondisi Jembrana yang awalnya masuk di zona kuning, bisa saja berubah kembali statusnya.

“Ada kemungkinan berubah kembali dari kuning ke zona orange sebagai indikator daerah penularan covid-19. Tim dari pusat (satgas penanganan covid-19)  setiap minggu melakukan evaluasi perkembangan covid-19 di masing-masing daerah.

Ada analisa dari  beberapa indikator. Tidak hanya penambahan jumlah kasus positif , tapi juga melihat angka kesembuhan, termasuk jumlah test yang  dilakukan ,” terangnya.

Sebab itu, katanya, Satgas Covid-19 Jembrana tidak pernah lelah mengimbau masyarakat jangan kendor menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun) .

Pasalnya , tingkat penularan masih mungkin terjadi saat  pandemi berlangsung selama vaksin belum ditemukan.

“Protokol 3 M itu hendaknya tetap dilakukan di manapun dalam setiap aktivitas , serta  tidak boleh lengah. Tetap komunikasikan kepada satgas didaerah apabila ada kegiatan yang berpotensi mengundang  banyak orang,”ujarnya.

Dari data yang dihimpun hari ini , secara kumulatif kasus positif di Jembrana sebanyak 628 kasus. Dengan rinciannya jumlah sembuh 529, meninggal 12 orang .

“Untuk hari ini jumlah pasien sembuh sebanyak 31 orang. Dari rumah sakit ada 16 orang, dari Puskesmas ada 15. Kemudian pasien baru hari ini ada 14 orang. Mereka yang positif hari ini hasil pemeriksaan dari kontak dekat, bergejala dan dari hasil rapid test reaktif yang kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab,“pungkasnya. (abhi/humas Jembrana)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.