fbpx
BirokrasiTabanan

Kapolda Bali Kukuhkan Forum Sipandu Beradat di Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mendeklarasikan Sistem Pengamanan Terpadu Bebasis Desa Adat (Sipandu Beradat) Kabupaten Tabanan di Lapangan Alit Saputra, Jumat (22/10/2021) pagi.

Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga situasi Bali tetap aman dan nyaman, diperlukan sinergi berbagai pihak untuk mewujudkannya.

Tanpa mengesampingkan nilai budaya dan kearifan lokal, maka dibentuklah Forum Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat).  Dengan melibatkan seluruh struktur pengamanan baik Polri, TNI, Dinas dan juga Desa Adat sudah tergabung.

Meliputi Pecalang, Linmas, Satpam, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. “Adanya sinergitas dari Polda Bali  dan seluruh Stake holder dalam sistem ini, akan mampu mengantisipasi dan menyelesaikan segala jenis gangguan keamanan di Desa Adat masing-masing,” kata Irjen Jayan Danu rjen Jayan Danu didampingi Kapolres Tabanan, AKBP Ranefli Dian Candra usai kegiatan tersebut, Jumat (22/10/2021).

Menurut Jendral Bintang Dua ini, Sipandu Beradat ini sesuai dengan Pergub Nomor 26 tahun 2020 yang merupakan gabungan dari pengamanan mulai dari tingkat desa hingga provinsi.”

Dikatakan Irjen Pol Putu Jayan Danu, bahwa forum ini akan melibatkan peran dari masing-masing aparat keamanan. Mulai dari Desa, ataupun TNI-Polri.

“Intinya terkait ada permasalahan di Desa Adat dapat di selesaikan melalui forum ini, perannya masing-masing seperti Bhabinsa melaksanakan peran apa, Bhabinkamtibmas melaksanakan peran apa, juga Pecalang perannya apa, jadi ini tidak merubah peran masing-masing,” katanya.

Sehingga dengan adanya forum Sipandu Beradat ini, dapat mengkomunikasikan dan menyesaikan permasalahan dan juga gangguan keamanan di Desa Adat.

Baca Juga:  Baru Saja Dibangun, Balai Pewarengan di Pura Melanting Kembang Merta Roboh

Semua masalah mulai dari masalah adat maupun bukan, nantinya diharapkan bisa diselesaikan dengan baik sehingga meminimalisasi terjadinya pelaporan ke pihak kepolisian.

“Suatu permasalahan tersebut bisa diselesaikan, namun jika tidak bisa selesai, barulah ke tingkat selanjutnya. Namun yang lebih kami harapkan adalah semua permasalahan bisa selesai di desa dengan Sipandu Beradat ini,” tegasnya.

Sipandu Beradat diharapkan benar-benar mampu memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Bali,

Sehingga, nantinya ketika masing-masing Desa sudah aman, Bali secara umum menjadi aman dan nyaman.[mp]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.