fbpx
PeristiwaTabanan

Kualitas Proyek Jalan di Padangan Jelek, Ternyata Digarap Kontraktor asal Malang

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Setelah menjadi sorotan publik, akhirnya terungkap bahwa kontraktor yang menggarap proyek perbaikan jalan di jalur Bangsing – Padangan di Desa Padangan, Pupuan, Tabanan berasal dari Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, proyek jalan itu menjadi sorotan warga di Desa Padangan. Bahkan, perbekel Desa Padangan dan anggota DPRD Tabanan langsung menyoroti kualitas pekerjaan dari kontraktor yang berasal dari Malang ini.

Anggota DPRD Tabanan I Gede Purnawan menyatakan kecewa luas biasa atas kualitas garapan kontraktor dari Malang ini. Bahkan, dia menyebut, bila hasil garapan ini dibiarkan, maka kontraktor sudah merampok hak rakyat.

“Kalau dibiarkan, hak masyarakat tergerus, dirampok, dengan kualitas seperti ini,” kata Purnawan menohok.

Pelaksana Tugas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan, I Gusti Ngurah Oka Kamasan Senin, 3 Januari 2021 juga mengaku sudah menegur dan meminta rekanan bertanggung jawab atas garapannya.

Oka Kamasan mengatakan bahwa pihak rekanan yang menggarapnya telah menandatangani surat pernyataan kesanggupan untuk melakukan perbaikan jalan Bangsing – Padangan.

Setelah ditelusuri, ternyata kontraktor proyek ini berasal dari Kota Malang, Jawa Timur. Penelusuran mediapelangi.com di situs LPSE menyebutkan bahwa proyek itu bernama “Peningkatan Jalan Bangsing – Padangan”.

Dalam website LPSE itu, proyek ini memiliki pagu anggaran Rp7 miliar. Namun, dari panitia pengadaan mengalami perubahan melalui harga perkiraan sendiri menjadi sebesar Rp6.999.994.574.

Dalam proses tender atau lelang, ada 36 peserta. Walau begitu, akhirnya tinggal 4 peserta tender yang mengajukan penawaran. Yakni PT Berkat Rahmat Sejati dengan penawaran Rp6.549.045.758,71; PT Berawantangi dengan penawaran Rp. 6.648.447.583,98; PT Arsa Buana Manunggal dengan penawaran Rp6.666.591.416,80; dan PT Pramana Artha Raharja yang menawar Rp6.756.743.775,75.

Setelah melalui proses evaluasi, kontraktor yang memenangkan tender proyek jalan Bangsing – Padangan adalah PT Berkat Rahmat Sejati yang menawar paling kecil. PT Berkat Rahmat Sejati ini ternyata beralamat di Jalan Cimador Nomor 1, Kota Malang, Jawa Timur.

Saat ini, proyek jalan Bangsing – Padangan tersebut sedang dalam masa perbaikan lagi. [MP]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.