fbpx
CeremonialTabanan

Bupati dan Wabup Hadiri Upacara Tawur Kesanga di Catus Pata Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Wakil Bupati I Made Edi Wirawan dan Ketua DPRD Tabanan berserta jajaran Forkopimda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan menghadiri Upacara Tawur Kesanga sehari sebelum Puncak Hari Raya Nyepi – Tahun Baru Caka 1944 pada Rabu (2/3/2022) bertempat di Catus Pata, wilayah Desa Adat Desa Adat Kota Tabanan.

Upacara Tawur Kesanga yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita pagi itu dipuput oleh oleh Ida Pandita Grya Taman Sari, Ida Pandita Buda Grya Jadi, Ida Rsi Grya Tasik dan Ida Pandita Mpu Nabe Grya Pangkung Prabu.

Selama Upacara Tawur Kesanga yang dilaksanakan di Catus Pata, Protokol Kesehatan (ProKes) tetap dilaksanakan dengan ketat.

Upacara tawur agung ini digelar secara rutin sehari menjelang perayaan pergantian tahun baru caka, yang dimaksudkan untuk nyomia bhuta kala, yakni mengembalikan buta kala kealam dengan menyediakan persembahan berupa caru tawur agung. Dengan digelarnya upacara ini diharapkan akan tercipta keseimbangan buwana agung dan buwana alit (mikrokosmos dan makrokosmos).

Bupati Sanjaya berharap Tawur Agung Kesanga yang nantinya digelar di Desa masing-masing khususnya di Tabanan, dapat dilaksanakan dengan baik dan tetap mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan. Sehingga perayaan ini berjalan damai dan dan lancar dan saling menjaga keselamatan bersama.

Bupati Sanjaya juga mengajak, agar pergantian tahun baru caka ini diisi dengan kegiatan yang sesuai dengan dharma catur berata penyepian.

“Semoga suasana yang damai ini dapat dijadikan momen bagi kita bersama untuk mulat sarira menyongsong perubahan guna mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru,”ungkap Bupati Sanjaya.[*]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.