fbpx
DenpasarPendidikan

Tujuh Kecerdasan Baru di SMK Penerbangan Cakra Nusantara

DENPASAR- Sebagai SMK terakreditasi A dan SMK Pusat Keunggulan, SMK Penerbangan Cakra Nusantara selalu mengupdate Kurikulum vokasinya guna menjadikan siswa dan alumninya bisa unggul dan maksimal mengikuti perkembangan jaman memasuki dunia baru, sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya , membangun sikap dan karakter menjadi implementasi dari pembangunan SDM menuju era Indonesia Emas 2045.

Karakter yang dibangun di SMK penerbangan Cakra Nusantara adalah sesuai dengan yang disampaikan Prof Rheinald Khasali,  bahwa saat ini diperlukan setidaknya ada 7 kecerdasan yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia baru tersebut yaitu :

1.Kecerdasan Teknologi

Memahami pentingnya menguasai teknologi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap manusia saat ini agar mampu bersaing dengan mesin yang dapat menggantikan kerja manusia

2. Kecerdasan Sosial dan Emosional

Dunia kerja menuntut kita untuk berhadapan dengan banyak orang. Karenanya, dibutuhkan kecerdasan sosial di mana kita dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan dapat menjalin interaksi yang baik dengan orang lain serta mempengaruhinya.

3. Kecerdasan Kontekstual

Kecerdasan kontekstual adalah kemampuan untuk mengidentifikasi dan membuat alternatif serta mengeksekusinya dengan cepat.

Baca Juga:  Langkah Nyata De Gadjah! Serahkan Ribuan Beasiswa PIP di Tabanan, Buka Jalan Mimpi Anak Muda Tabanan

4. Kecerdasan Moral

Kecerdasan moral perlu dimiliki agar menumbuhkan rasa empati, mempunyai hati nurani, saling menghormati, ada rasa keadilan dan toleransi yang tinggi terhadap sesama.

5. Kecerdasan Generatif

Kecerdasan generatif adalah kemampuan untuk melahirkan ide-ide baru. Kemampuan ini berhubungan dengan kreatifitas yang membuat manusia mampu untuk terus berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru serta bermanfaat bagi masyarakat.

6. Kecerdasan Eksploratif dan Transformasional

Untuk menciptakan masa depan baru yang diinginkan, diperlukan kecerdasan eksploratif dan transformasional. Manusia harus berani mengeksplorasi hal-hal baru yang berguna untuk masa depan.

7. Kecerdasan Ekosistem

Kecerdasan ekosistem diartikan sebagai kemampuan untuk bekerjasama dan bersinergi dengan lingkungan sekitar, demi mencapai tujuan.

Dengan demikian ke 7 Kecerdasan Baru ini akan dimiliki oleh siswa siswi SMK Penerbangan Cakra Nusantara.

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak 2021

Terakreditasi A (Unggul) memiliki beberapa program keahlian dan konsentrasi diantaranya:

• Teknik Energi Terbarukan Konsentrasi Baterai, Surya, Hydro, Angin dan Biomasa

• Teknik Pesawat Udara Konsentrasi Airframe Powerplant dan Electrical Avionics

Baca Juga:  Hari Kunjung Perpustakaan: Momentum Penting untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

• Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Konsentrasi Penerbangan, Luar Angkasa dan Satelit, Kereta Api, LRT, MRT dan Kereta Cepat serta Perkapalan

• Management Perkantoran dan Layanan Bisnis Konsentrasi Kebandaraan dan Industri Penerbangan, Stasiun Kereta serta Pelabuhan

Sebagai Sekolah Pelopor Pertama dan Satu-satunya SMK Penerbangan Pusat Keunggulan di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, siap mencetak SDM Terampil dan Kompeten tersertifikasi BNSP dan Industri, karena merupakan

• SMK Pusat Keunggulan

• SMK Penggerak

• SMK Teaching Factory

• SMK Berkompetensi Lengkap

Saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2022/2023, dimana lagi ada sekolah yang:

• BEBAS SPP

• BEBAS UANG PANGKAL

• BEBAS UANG GEDUNG

• BEBAS UANG UJIAN

• Hanya Bayar Seragam 1 juta saja

Hubungi HOTLINE 081 237 098 090 klik web kami di www.smkpenerbangan.sch.id.Ayo BANGKIT dari keterpurukan PIMPIN PEMULIHAN, BERGERAK UNTUK MERDEKA BELAJAR bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA ,SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK . BANGGA MENGINSPIRASI BANGSA!!

Tujuh Kecerdasan Baru di SMK Penerbangan Cakra Nusantara
Tujuh Kecerdasan Baru di SMK Penerbangan Cakra Nusantara

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.