fbpx
PendidikanTabanan

Poltrada Bali Buka Seleksi Penerimaan Calon Taruna ASN Kemenhub

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Tahun 2023 untuk menjadi profesional di bidang angkutan darat Kementerian Perhubungan.

Dalam pembukaan sekolah kedinasan tahun ajaran 2023/2024 ini, 1.408 kuota itu disebar ke 22 sekolah kedinasan di Indonesia. Kuota itu untuk taruna-taruni calon khusus untuk pembibitan.

Dari 1.408 formasi nasional, Poltrada Bali mendapat jatah kuota 49 formasi tahun ini.

Direktur Poltrada Bali, Efendhi Prih Raharjo mengatakan dari total kuota itu, pihaknya di Poltrada Bali hanya mendapatkan kuota 49 calon khusus untuk pola pembibitan. Rinciannya, prodi DIII Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 25 dan Prodi DIII Teknologi Otomotif sebanyak 24. Dan ini terbuka untuk umum. Dimana, masyarakat juga perlu mengetahui bahwa ketika bertujuan bersekolah dinas di Jakarta atau Papua untuk pendaftaran dan tes bisa di Poltrada Bali Tabanan, begitu juga sebaliknya yang dari luar daerah.

“Meski jumlah kuota turun, seleksi penerimaan lebih diperketat untuk mendapatkan output berkualitas,” ucapnya Selasa 11 April 2023.

Efendhi mengaku, meskipun dalam pola pembibitan di Poltrada hanya dibatasi 49 tahun ajaran 2023/2024 ini, namun untuk pendidikan mandiri masih tetap dibuka di tiga prodi yang tersedia dengan masing-masing dua kelas kapasitas 25 orang.

Pola pembibitan dijelaskannya, dimana lulusan secara langsung diangkat menjadi aparatur sipil negara tetapi melalui fase pendidikan. Namun selain pola itu, juga ada pola reguler, dimana mereka (siswa) memiliki kebebasan mengembangkan pola karier yakni BUMN, wirausaha dan wiraswasta.

Efendhi menjelaskan, Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan Kemenhub ini, merupakan pilihan pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna/i yang tidak memiliki batasan domisili asal pendaftar.

“Artinya, seluruh pemuda-pemudi terbaik wilayah Indonesia dimanapun dapat mendaftar memilih Sekolah Kedinasan Poltrada Bali,” kata dia.[***]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.