fbpx
CeremonialTabanan

Bupati Sanjaya Apresiasi Gotong-Royong Masyarakat dalam Upacara Pitra Yadnya Ngaben

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam suasana penuh keharuan, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyampaikan terima kasih tulus kepada masyarakat atas dukungan dan gotong-royong yang luar biasa. Hal ini disampaikan saat menghadiri Ngupasaksi Pitra Yadnya Ngaben Bersama, Ngelungah, dan Metatah krama/masyarakat Banjar Pande di Balai Banjar Pande, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Sabtu (18/11).

Sanjaya menekankan pentingnya kolaborasi, dukungan bersama, dan upaya bersama untuk mewujudkan visi misi besar menuju Tabanan Era Baru. Kehadirannya di Bale Banjar Adat Pande disambut antusias oleh Perbekel, Bendesa Adat, Panitia Karya, dan krama setempat. Sanjaya juga mengajak anggota DPRD, Sekda, serta jajaran pimpinan OPD terkait dan Camat Tabanan dalam acara tersebut.

Bupati Sanjaya tidak hanya hadir untuk memberikan bantuan fisik, tetapi juga memberikan doa restu sebagai bentuk dukungan spiritual selaku Murdaning Jagat. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi gotong-royong masyarakat dalam pelaksanaan Yadnya selama 3 periode, yang telah membantu meringankan beban masyarakat. Selaras dengan tema HUT Kota Tabanan ke-530 “Padurkasa Jayaning Singasnana,” Sanjaya menjelaskan konsep “Paduraksa,” yaitu menjaga keharmonisan dan kebersamaan gotong-royong antara masyarakat dan pemerintah.

“Dalam rangka Pemerintah menjalankan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, kita membangun keseimbangan keharmonisan jagat, baik kramanya, manusianya, alam lingkungannya, dan budayanya. Pelestarian adat, agama, dan budaya menjadi fokus utama,” ujar Bupati Sanjaya.

Menurut data, upacara Pitra Yadnya Ngaben Bersama yang juga dirangkaikan dengan Upacara Manusa Yadnya (Metatah) diikuti oleh 13 Sawa Ngaben, 18 Sawa Ngelangkir, dan 36 Orang Metatah. Program ini merupakan bagian dari program 5 tahunan krama Banjar Pande, dengan kontribusi 10 ribu rupiah per bulan per KK.

Baca Juga:  Polisi Dalami Dugaan Kesalahan Struktur Bangunan Balai Pewaregan Pura Melanting

Ketua Panitia Karya, Nengah Yuda Sutrisna, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Tabanan atas dukungan dan bantuan dana yang sangat membantu program ini. “Harapan kami kedepannya program ini dapat berlanjut dan Bapak tetap bisa memberikan dukungan kepada kami karena program ini sangat-sangat membantu kami,” ujar Yuda Sutrisna dengan harapannya.[*mp]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.