fbpx
SosialTabanan

Peringati Hari Lahir Pancasila, Relawan Semut Tebar1 Ton Ikan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Relawan Semut Semeton Mulyadi (Semut) Tabanan menggelar aksi penebaran benih ikan di beberapa titik sungai di Kabupaten Tabanan, Sabtu (1/6/2024).

Kegiatan ini dilakukan di lima lokasi, yaitu Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri; Desa Bongan, Kecamatan Tabanan; Desa Kerambitan dan Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan; serta Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur.
Penebaran ikan dipimpin langsung oleh Bakal Calon Bupati Tabanan yang juga Ketua PAC Kediri, I Nyoman Mulyadi, bersama Ketua Relawan Semut, I Nyoman Ardika yang lebih dikenal dengan Sengap, serta didukung oleh anggota relawan Semut dan masyarakat setempat.

Sebanyak 1 ton benih ikan nila ditebar di lima titik tersebut. Sengap menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama dan kedua.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Hadir di Peresmian Pimpinan DPRD Baru: Janji Sinergi Eksekutif-Legislatif dan Tantangan Besar Menanti!

“Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan kita untuk menjaga semua makhluk ciptaan Tuhan. Sedangkan sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mengajarkan kita untuk tidak hanya fokus pada satu wilayah, melainkan semua wilayah di Kabupaten Tabanan harus mendapat perhatian,” jelas Sengap.

Selain sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila, penebaran ikan ini juga merupakan respon atas forum internasional sektor air atau World Water Forum (WWF) ke-10 yang baru saja diselenggarakan di Bali. “Kita harus merawat air dengan cara menebar ikan agar hidup di ekosistem yang benar,” tambahnya.

Sengap berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk melestarikan makhluk hidup dan lingkungan. “Kami berharap aksi ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk merawat makhluk hidup. Tidak hanya memancing ikan, tetapi juga mengembangkan dari bibit,” pungkasnya.

Setelah lima titik awal, relawan Semut merencanakan penebaran ikan di wilayah lain seperti Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat, Pupuan, Baturiti, Penebel, dan Marga.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan serta memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam.

Aksi ini tidak hanya menekankan pada implementasi nilai-nilai Pancasila tetapi juga menyoroti pentingnya menjaga ekosistem air dan melestarikan lingkungan.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.