fbpx
CeremonialEkonomi BisnisTabanan

Hari Koperasi Nasional ke-77 : Bupati Sanjaya Dorong Sinergi dan Inovasi

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Kabupaten Tabanan yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Senin (15/7). Acara ini menjadi momentum penting untuk merayakan peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat sinergi antara Pemerintah dan Koperasi di Kabupaten Tabanan.

Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasinya terhadap ketekunan dan keteladanan para pelaku koperasi yang telah berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Tabanan. “Ketekunan dan keteladanan bapak, ibu, dan saudara-saudara dalam berkoperasi telah ikut mengantarkan ekonomi Tabanan semakin tumbuh dan berkembang. Namun, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita membutuhkan lebih banyak lagi orang Tabanan yang berkoperasi, koperasi-koperasi sektor riil dan produktif, serta koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi,” ujar Sanjaya.

Sanjaya juga menekankan pentingnya kolaborasi untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang sehat dan berkelanjutan. “Untuk memajukan koperasi di Kabupaten Tabanan diperlukan sinergi antar stakeholder terkait, baik dari pemerintah pusat hingga daerah, serta dewan koperasi Indonesia. Gerakan koperasi di Kabupaten Tabanan harus bergerak sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” tegas Sanjaya.

Baca Juga:  Dua Tokoh Muda Tabanan Ungkap Rahasia Sukses Integrasi Data Desa di Webinar Nasional

Bupati menambahkan bahwa koperasi harus mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing yang tinggi. “Koperasi kita tidak boleh ‘kenyih’, tidak boleh mudah menyerah dengan keterbatasan yang ada. Kami berkomitmen mendorong koperasi di Kabupaten Tabanan agar terus beradaptasi terhadap perubahan ekonomi, teknologi, sosial, dan budaya secara global.”ungkap Bupati Sanjaya.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 ini diharapkan dapat memacu semangat gerakan koperasi di Kabupaten Tabanan untuk sungguh-sungguh mengelola koperasi, meningkatkan kualitas, kinerja, dan citra koperasi sebagai lembaga yang dapat dipercaya oleh anggota dan masyarakat, serta memotivasi koperasi untuk menjadi inovatif, sehat, dan berkualitas menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM).

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa, menyebutkan bahwa peringatan ini sebagai momentum untuk menunjukkan eksistensi dan perkembangan gerakan koperasi di Kabupaten Tabanan. “Ini juga sebagai sarana evaluasi atas perkembangan dan permasalahan yang dihadapi koperasi serta media motivasi, apresiasi, edukasi, dan sosialisasi program-program koperasi dan kebijakan dari Pemerintah,” ujarnya.

Wirna juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabanan dan berharap agar kebijakan-kebijakan yang baik dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Kami berharap koperasi terus tumbuh maju menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 dan Tabanan Era Baru yang AUM.”tegasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda, Asisten, jajaran Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan, serta para pelaku koperasi se-Kabupaten Tabanan.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.