fbpx
BirokrasiTabanan

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 Kabupaten Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Kabupaten Tabanan Tahun 2024 digelar di Gedung Kesenian I Ketut Marya, Tabanan, pada Selasa (30/7). Acara ini dihadiri oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, jajaran Forkopimda, Sekda, para asisten, serta kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Mengusung tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju,” acara ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan energi baru bagi seluruh kader PKK dalam mendukung program-program pemerintah. Tema tersebut menekankan keserempakan gerak kader PKK dalam bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Acara dimeriahkan dengan lomba karaoke dan yel-yel yang diikuti oleh kader-kader PKK dari seluruh kecamatan di Tabanan dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52. Kehadiran para ketua organisasi wanita, jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, serta ketua dan anggota TP PKK di seluruh kecamatan menunjukkan dukungan luas terhadap penguatan peran PKK dalam pembangunan daerah.

Bupati Sanjaya mengapresiasi kehadiran organisasi wanita yang secara berkelanjutan memberikan dampak signifikan terhadap penguatan keluarga di Tabanan. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, sebagai Bupati dan juga Pembina TP PKK, selalu akan bekerja sama mewujudkan visi kita, Tabanan Era Baru yang artinya sejahtera. Itu kata kuncinya. Ketika kita memiliki gerak langkah yang sama, visi misi yang sama, tinggal kita bangun kehormatannya, sehingga semua organisasi yang ada di Tabanan memiliki nilai dan dampak,” ujarnya.

Sanjaya berharap ibu-ibu PKK sebagai pilar keluarga dapat berdiri kokoh dalam membangun Kabupaten, Provinsi, bahkan Negara. “Di hari peringatan HKG ke-52 ini, Gerakan PKK di Kabupaten Tabanan harus istimewa dan luar biasa. Saya apresiasi kegiatan yang berlangsung hari ini yang diisi dengan lomba karaoke kader PKK se-Tabanan dan diikuti dengan penuh semangat dan antusias,” tambahnya.

Ny. Rai Wahyuni juga menyampaikan harapannya agar seluruh kader PKK senantiasa bisa bersama-sama mengembangkan program PKK di wilayah masing-masing, sejalan dengan program pemerintah melalui 10 program pokok PKK. TP PKK diharapkan menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergisitas dengan para stakeholder, baik pemerintah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk memperkuat hal tersebut, Bunda Rai menekankan tiga hal yang perlu mendapat perhatian. Pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kedua, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah. Ketiga, pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024.

Bunda Rai menambahkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024 dan Rencana Strategis Gerakan PKK. Oleh karena itu, seluruh kader diharapkan selalu kompak bersatu dan bekerja keras. “Besar harapan saya agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi Gerakan PKK Tahun 2021-2024, yaitu Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,” tutupnya.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.