fbpx
BirokrasiTabanan

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Buka Lomba Posyandu

Fokus pada Kesehatan Ibu dan Anak

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam rangka mendukung 10 Program Pokok PKK dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menggelar berbagai kegiatan yang dimulai di Banjar Dinas Penebel Kaja, Kecamatan Penebel. Pada Jumat (2/8), Bunda Rai melaksanakan evaluasi sekaligus membuka Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tabanan Tahun 2024. Kegiatan ini akan berlangsung secara menyeluruh di 10 kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak. Posyandu telah mengembangkan berbagai program, termasuk kesehatan ibu hamil, kesehatan anak, keluarga berencana, imunisasi, pemantauan status gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare. Selain itu, posyandu juga berperan dalam upaya penurunan angka stunting atau gizi buruk.

Bunda Rai mengatakan, kegiatan seperti ini tidak terlepas dari kolaborasi dan kerja keras semua pihak, baik dari kecamatan maupun desa setempat. “Terbukti pada hari ini, semua pihak hadir kompak mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini yang merupakan implementasi dari salah satu program gotong-royong. Saya meyakini jika segala sesuatu dilaksanakan secara gotong-royong, pekerjaan apapun, masalah apapun pasti akan dapat diselesaikan dengan mudah,” jelasnya.

Baca Juga:  Pimpinan DPRD Tabanan Dilantik, Arnawa Jadi Ketua

Ia juga menegaskan bahwa Lomba Posyandu ini merupakan bentuk perhatian terhadap masyarakat. “Hulunya adalah di desa, dari posyandulah kita dapat mendeteksi anak-anak yang berpotensi stunting dan dapat segera memberikan penanganan dengan kolaborasi bersama Puskesmas setempat dan para kader posyandu di desa. Pemeriksaan kesehatan dan pemberian PMT (makanan tambahan) yang merupakan program pusat yang anggarannya diturunkan ke dinas kesehatan juga rutin kita laksanakan,” tambahnya.

Bunda Rai berharap kegiatan lomba Posyandu ini bisa memberikan motivasi kepada kader dan mengaktifkan kembali posyandu agar lebih giat dalam meningkatkan pelayanan. “Semoga dengan diadakannya lomba Posyandu ini, dapat memberikan kita semua semangat untuk bergotong-royong dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Tabanan dan anak-anak di Kabupaten Tabanan dapat tumbuh serta berkembang dengan sehat menjadi generasi emas yang akan menjadi tumpuan Kabupaten Tabanan di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

Perbekel Penebel, I Gusti Agung Ketut Sastrawan, juga menyampaikan harapannya agar inovasi dan kreasi bisa meningkat untuk Posyandu di Kecamatan Penebel. “Di sini kita ada tiga posyandu, untuk balita, remaja, dan lansia. Harapan kami setelah adanya lomba Posyandu ini, yang pertama agar bisa meningkatkan secara administrasi kader kami, baik dalam kelembagaan, administrasi tata usaha dan sebagainya. Yang kedua, kemampuan kader kami supaya bisa ditingkatkan dengan adanya pembinaan dari Dinas Kesehatan, DPMD, dan juga dari tim kecamatan. Dan yang terakhir adalah kami mengharapkan inovasi-inovasi untuk Posyandu,” pungkasnya.

Pada acara ini, hadir perangkat daerah terkait, anggota TP PKK Kabupaten Tabanan, camat dan perbekel Penebel, serta ketua TP PKK kecamatan beserta anggota. Kegiatan ini juga diikuti oleh puluhan pengurus posyandu Kecamatan Penebel, para lansia, ibu hamil, hingga anak-anak pendidikan usia dini desa setempat yang menyambut kehadiran Bunda Rai beserta rombongan dengan memainkan alat musik gamelan.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.