fbpx
TabananTokoh

Bupati Sanjaya Hadiri Paruman Desa Adat Kota Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menghadiri undangan Paruman dalam rangka Nitenin Ngeninin Desa Adat Kota Tabanan di SMK Negeri 1 Tabanan. Acara yang digelar pada Minggu (4/8) ini juga menjadi ajang bagi Bupati Sanjaya untuk memberikan arahan mengenai pembangunan Krematorium/Tunon dan memaparkan berbagai program kerja Bupati.

Sanjaya menyambut baik dan mengapresiasi Bendesa Adat beserta Prajuru Adat dalam upaya pelaksanaan program kerja Desa Adat ke depan, terutama mengenai pembangunan Krematorium/Tunon. Program ini dinilai sejalan dengan program pemerintah dalam bidang pelestarian adat dan pengembangan kebudayaan.

“Gambaran ini memberikan pesan kuat bahwa energi positif untuk membangun tatanan Desa Adat, khususnya pembangunan krematorium/tunon, menjadi landasan yang kuat untuk memberikan solusi dan kemudahan bagi krama Desa Adat yang akan melaksanakan upacara Pitra Yadnya,” ujar Sanjaya. Ia hadir didampingi oleh Anggota DPRD Tabanan, Sekda, dan jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait serta Bendesa Adat dan Prajuru, Panyegjeg/Penglingsir Desa Adat Kota Tabanan, juga Jro Kelihan Adat se-Desa Adat Kota Tabanan.

Baca Juga:  Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tabanan Setujui Pembahasan Dua Ranperda APBD dalam Rapat Paripurna

Sanjaya menilai bahwa pembangunan krematorium ini nantinya tidak hanya akan memberikan solusi praktis bagi masyarakat tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi krama Desa Adat dan memperkuat perekonomian Desa Adat. Program ini diharapkan mampu mengefisienkan biaya, waktu, dan tenaga tanpa menghilangkan tradisi, adat, dan budaya.

Selain itu, Sanjaya berharap Paruman ini menjadi momentum untuk menyatukan visi dan misi dalam memajukan Desa Adat Kota Tabanan. Dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, ia berharap program pembangunan krematorium dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Ia juga mendorong seluruh pihak untuk terus berkolaborasi demi kemajuan bersama dan mengadopsi inovasi yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan harapan Bupati Sanjaya, Bendesa Adat Kota Tabanan, I Made Suwardika, juga berharap seluruh Prajuru Desa Adat Kota Tabanan dan semua pihak selalu kompak dan bersatu agar segala program bisa berjalan dengan baik. Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sanjaya atas dukungan dan bimbingannya serta motivasi dalam pelaksanaan program-program Desa Adat.

Paruman tersebut menjadi momen penting bagi Desa Adat Kota Tabanan untuk merencanakan dan mewujudkan program-program yang mendukung pelestarian adat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.