fbpx
BulelengSport

Gerak Jalan 45 KM Kembali Digelar, Hadiah Ratusan Juta Menanti

BULELENG, MEDIAPELANGI.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, kembali menggelar Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra, yang menjadi satu-satunya lomba gerak jalan sejauh 45 KM di Bali. Lomba yang diadakan pada Sabtu (10/8/2024) malam ini dimulai dari Lapangan Sepakbola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, dan berakhir di depan Lapangan Ngurah Rai Singaraja pada Minggu (11/8/2024) pagi.

Tahun ini, lomba diikuti oleh 29 regu yang terdiri dari 21 regu dari kategori umum, yang mencakup sekolah-sekolah, perangkat daerah lingkup Pemkab Buleleng, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Keikutsertaan delapan regu dari TNI/Polri menjadi sorotan menarik, di mana satu regu berasal dari Polres Buleleng dan tujuh regu lainnya dari satuan TNI, seperti Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 900/SBW, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/YKR, dan Detasemen Kavaleri (Denkav) 4/SP. Yonif Raider 900/SBW bahkan mengirimkan lima regu, yang terbanyak di antara peserta lainnya.

Kategori umum pada lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp110 juta untuk juara I, II, dan III. Sementara itu, kategori TNI/Polri akan memperebutkan hadiah sebesar Rp10 juta bagi tim terbaik.

Ketut Lihadnyana menjelaskan bahwa lomba gerak jalan 45 KM ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, namun sempat terhenti karena pandemi dan kini kembali digelar. Buleleng menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang masih mempertahankan tradisi lomba ini. Lomba ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda, sekaligus sebagai bentuk penghormatan dan implementasi nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan semangat dan jiwa 45.

“Oleh karena itu, melalui lomba gerak jalan ini kita dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan kita. Lomba ini juga sebagai bentuk kebanggaan menjadi warga Buleleng,” jelas Lihadnyana.

Sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali, Lihadnyana berharap lomba ini berjalan lancar, aman, dan sukses. Ia juga berpesan agar peserta tetap bersemangat dan menjunjung tinggi sportivitas dalam lomba ini, serta berharap semua peserta dapat mencapai garis akhir dengan baik.

“Kepada peserta, harus tetap semangat dan mampu menjadi juara,” ujar Lihadnyana.

Pj Bupati Buleleng juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya lomba ini dengan aman dan lancar. Ia mengimbau para suporter untuk tetap tertib dan menjaga serta mengendalikan diri, sehingga tidak mengganggu jalannya lomba dan penonton lainnya.

“Mudah-mudahan Tuhan senantiasa memberikan tuntunan dan sinar sucinya kepada kita semua, agar lomba gerak jalan ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Saya juga meminta maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya lomba ini,” tutup Lihadnyana.***

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.