fbpx
BirokrasiNasionalPemerintahan

Pj Gubernur Bali Hadiri Pengarahan Presiden Jokowi di IKN

PENAJAMPASERUTARA, MEDIAPELANGI.com – Penjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya mengikuti pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama kepala daerah se-Indonesia lainnya di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (13/8) pagi.

Presiden Jokowi dalam arahannya menekankan melalui pembangunan IKN, pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk membangun ibu kota negara sesuai keinginan dan desain pemerintah, meskipun memakan waktu yang cukup lama.

Selain itu, Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah menyelesaikan administrasi anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pasalnya, Pilkada serentak bakal berlangsung dalam waktu dekat.

Sementara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam laporannya mengatakan sebanyak 517 kepala daerah hadir langsung untuk mengikuti acara pengarahan Presiden Joko Widodo. Adapun 35 kepala daerah berhalangan hadir karena alasan tertentu. Mendagri juga melaporkan bahwa para gubernur telah menginap di Hotel Nusantara, sementara para bupati dan wali kota menginap di Kota Balikpapan. Pada pagi hari, bupati dan wali kota kemudian berangkat bersama-sama menuju IKN untuk mengikuti kegiatan di Sumbu Kebangsaan.

Ia mengatakan para kepala daerah yang hadir akan menjadi pelaku sejarah. Tito yakin pembangunan IKN akan berlanjut dan berkembang dengan pesat di masa mendatang. Sebelum menerima arahan dari Presiden, para kepala daerah juga sempat meninjau langsung sejumlah infrastruktur di IKN bersama Mendagri serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita IKN.[*rls]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.