fbpx
BirokrasiTabanan

Optimalisasi Dana Desa: Bupati Sanjaya Resmikan Jalan di Banjar Tandan Penawing

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Dalam upaya optimalisasi penggunaan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya meresmikan jalan desa di Banjar Tandan Penawing, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, pada Rabu (24/7).
Jalan paving sepanjang 278 meter ini dibangun secara swakelola oleh masyarakat melalui gotong-royong, dan hasilnya dinilai sangat bagus.

“Setelah saya dilantik tiga setengah tahun lalu, saya memetakan masalah utama di Kabupaten Tabanan. Saat turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi, hampir 80 persen dari mereka menginginkan pembangunan infrastruktur jalan,” ujar Sanjaya. Ia menyatakan rasa syukurnya karena hingga saat ini, pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat telah berhasil mewujudkan pembangunan jalan hingga lebih dari 95 persen.

Tabanan, yang memiliki jaringan jalan terpanjang di Bali dengan panjang sekitar 870 kilometer yang menghubungkan 133 desa di Tabanan dan 349 desa adat di 10 kecamatan, memberikan implikasi positif bagi jalur pariwisata dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah juga harus fokus pada pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Baca Juga:  Dua Pasang Bakal Calon Bupati Tabanan Lolos Tes Kesehatan

Sanjaya menjelaskan bahwa pendekatan pembangunan infrastruktur jalan di Tabanan dilakukan dengan pola partisipatif antara desa dan pemerintah melalui program SIDA AUM (Stimulus Infrastruktur Daerah Aman Unggul Madani).
“Kami menyediakan bahan baku seperti semen, pasir koral, atau paving. Jika jalan-jalan desa tidak memiliki dana desa, kami sediakan pasirnya, semennya, pavingnya, dan masyarakat bergotong-royong sehingga kualitasnya menjadi baik,” imbuhnya.

Perbekel Desa Gubug, I Nengah Mawan, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati dan jajaran dalam peresmian jalan tersebut. “Jalan di Tandan Penawing ini sudah direncanakan sejak tahun 2021 namun tertunda karena pandemi Covid-19. Akhirnya, jalan ini bisa diperbaiki menggunakan dana desa secara swakelola dan dikerjakan oleh masyarakat secara gotong-royong untuk meningkatkan rasa solidaritas,” ujarnya.

Peresmian jalan ini menandai langkah maju dalam meningkatkan infrastruktur di Desa Gubug dan menunjukkan komitmen pemerintah Kabupaten Tabanan dalam Optimalisasi Dana Desa: dengan memaksimalkan penggunaan Dana Desa demi kesejahteraan masyarakat.

Tampak hadiri Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, Sekda, para Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Perbekel, Bendesa Adat beserta tokoh masyarakat Desa Gubug yang bersama-sama meresmikan jalan desa tersebut yang ditandai dengan pemotongan pita. [*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.