fbpx
JembranaSosial

Program Dana Santunan Kematian Sangat di Rasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat Jembrana

Jembrana,mediapelangi.com-Program dana santunan kematian yang selama enam tahun ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kembali digulirkan pemkab Jembrana. Bahkan pada awal tahun 2017 cakupannya diperluas dari hanya terbatas pada KK miskin yang terdaftar didinas sosial, kini  bantuan diperluas kepada seluruh masyrakat sebagai ahli waris keluarganya  yang meninggal dengan syarat  telah ber-KTP Jembrana .

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ditunjuk sebagai leading sector dalam program dana santunan kematian  ini dengan nilai  yang diterima pihak ahli waris  sebesar Rp 1,5 juta. Nilai itu  masih sama dengan tahun sebelumnya dimana program ini telah berjalan selama 6 tahun. Pemkab Jembrana menyiapakan anggaran sebesar Rp 2 milyar setahun untuk menyukseskan program ini.

Adapun tujuan kita memperluas cakupan dana santunan kematian ini sebagai stimulus agar  masyarakat lebih tertib lagi mengurus administrasi kependudukan serta wajib  memiliki KTP. Selain itu tentu guna meringankan beban masyrakat yang sedang mengalami kedukaan, “kata Wabup Kembang Hartawan seusai menyerahkan dana santunan kematian kepada keluarga I Ketut Adiantara (47) , warga Munduk Anggrek Kaja Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, elasa (31/1). Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dukcapil I Ketut Wiaspada, Camat Mendoyo I Gede Sujana serta Perbekel Yehembang Kauh I Ketut Mustika.

Agar program ini lebih efektif dan tepat sasaran, Wabup  juga menghimbau unsur pemerintah terbawah seperti prebekel, kaling maupun kadus aktif melakukan sosialisasi kemasyrakat. Karena tanpa sosialisasi yang baik dikhawatirkan masyrakat enggan untuk memanfaatkannya.

Kepada Kadis  Kependudukan dan Catatan Sipil, Wabup Kembang juga meminta agar proses pencairan santunan ini sampai bantuan itu  diterima masyarakat memiliki standar waktu yang cepat namun tetap melalui prosedur yang benar. Demikian juga masalah validasi data harus dibuat seakurat mungkin guna menghindari praktek  kecurangan maupun pencairan ganda seperti sebelumnya sebut Wabup.

Sementara itu I Ketut Adiantara , warga penerima santunan mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan pemerintah daerah atas bantuan yang diserahkan langsung Wabup Jembrana.Ia merasakan bantuan ini  sangat berarti khususnya dalam meringankan beban biaya menyelenggarakan upacara.-(mp-01)

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.