fbpx
HukumTabanan

Pelatihan Kader Kesehatan Bagi Warga Binaan Lapas Tabanan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Sebanyak 12 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpilih mengikuti Pelatihan Kader Kesehatan yang difasilitasi oleh Tim Medis Lapas Tabanan, pada Rabu (26/6/2024). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di dalam Lembaga Pemasyarakatan melalui pembentukan kader kesehatan yang berkompeten.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Agung Wisnuputra Dalem, menyatakan bahwa pembentukan Kader Kesehatan ini adalah langkah akselerasi dalam layanan kesehatan. “Pembentukan dan pelatihan kader ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi Warga Binaan,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan tes yang diberikan oleh Tim Medis kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpilih. Tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan dasar mereka tentang kesehatan. Setelah tes, pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai peran kader kesehatan serta penyuluhan tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P3M).

Baca Juga:  Kapolres Karangasem Ambil Langkah Tegas Antisipasi Judi Online

Dokter Lapas, Luh Putu Tresnadewi, menekankan pentingnya peran kader kesehatan dalam upaya memberikan layanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Ia berharap para kader yang telah dipilih dapat bekerja sama dengan tenaga medis dalam memberikan layanan kesehatan. “Teman-teman yang sudah terpilih menjadi kader saya harapkan dapat membantu kami dalam memberikan layanan kesehatan, dimulai dengan memberikan contoh bagi Warga Binaan lain dalam menjaga kesehatan diri, menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta memberikan pertolongan pertama jika ada teman Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengalami masalah kesehatan di blok hunian,” ungkapnya.

Kepala Subseksi Perawatan Narapidana/Anak Didik, I Gede Komang Werdi, menambahkan bahwa para kader kesehatan yang telah dipilih melalui proses seleksi ketat sesuai regulasi, termasuk asesmen risiko dan kebutuhan. “Sebagai perpanjangan tangan bagi tenaga medis Klinik Lapas Tabanan, para kader tersebut telah melalui tahap asesmen yang dilaksanakan oleh Seksi Pembinaan untuk dapat bekerjasama dengan Tim Medis dalam memberikan layanan kesehatan,” tutupnya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kualitas layanan kesehatan di Lapas Tabanan semakin meningkat, dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat lebih mandiri dalam menjaga kesehatan diri serta lingkungan mereka.[*]
 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.