fbpx
CeremonialTabanan

Bupati Tabanan Hadiri Upacara di Desa Tegalmengkeb dan Bongan

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pembangunan serta pelestarian budaya lokal melalui serangkaian kunjungan ke upacara-upacara keagamaan yang berlangsung di beberapa desa di Kabupaten Tabanan. Pada Selasa (10/9/2024),

Bupati Sanjaya melakukan roadshow dengan menghadiri upacara Pemakuhan dan Pemelaspasan Pura Dalem Pondok di Desa Adat Bongan, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.
Kehadiran Bupati bersama jajaran pemerintah Kabupaten Tabanan ini menunjukkan dukungan nyata terhadap pelestarian tradisi dan budaya lokal. Acara Karya ini didukung oleh 16 kepala keluarga dan 175 krama Desa Adat, dengan puncak upacara yang akan berlangsung pada 11 September 2024, dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Subali Sukawati Manuaba dari Griya Sukawati Selemadeg. Hadir pula dalam acara tersebut tokoh masyarakat, Jro Mangku Lanang Istri, anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekretaris Daerah, kepala-kepala OPD, serta Perbekel dan Bendesa Adat setempat.

Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasinya atas semangat gotong-royong masyarakat dalam melaksanakan yadnya ini. “Kebersamaan dan gotong-royong sangat penting dalam menjaga kelestarian adat dan budaya kita, serta membangun Tabanan yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Pimpinan DPRD Tabanan Dilantik, Arnawa Jadi Ketua

Selain menghadiri upacara keagamaan di Desa Adat Bongan, Bupati Sanjaya juga menyempatkan diri menghadiri acara pernikahan Andya dan Ami, masyarakat Desa Adat Samsam, Kerambitan, Tabanan. Pernikahan ini menjadi momen bahagia bagi keluarga I Dewa Made Sukma Medya, Perbekel Samsam. Bupati Sanjaya bersama rombongan menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan pengantin dan mendoakan kebahagiaan serta kelancaran dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Melanjutkan kunjungannya pada hari yang sama, Bupati Sanjaya hadir dalam acara Uleman Ngupasaksi Karya Melaspas Ageng di Pura Taman Beji Kahyangan Dalem, Desa Adat Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan. Puncak yadnya ini akan dilaksanakan pada 11 September 2024, dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Putu Baskara Manuaba dari Griya Gede Manuaba. Setelah melakukan persembahyangan, Bupati mengungkapkan kebanggaannya atas kebersamaan masyarakat Desa Bongan yang terus berupaya membangun desa melalui berbagai acara keagamaan dan pembangunan fisik.

“Kebersamaan dan gotong-royong adalah kunci keberhasilan setiap kegiatan di desa. Saya sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan baik ini dan berharap semangat seperti ini terus terjaga untuk membangun Tabanan menuju Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani,” ujar Sanjaya.

Bupati Sanjaya berharap bahwa kegiatan keagamaan seperti ini tidak hanya dipandang sebagai upaya melestarikan tradisi, tetapi juga sebagai ajang mempererat hubungan antarwarga dan membangun sinergi yang lebih baik antara pemerintah daerah dan masyarakat. Dengan begitu, pembangunan di Tabanan dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.
Bendesa Adat Bongan, I Putu Arya Saputra, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Bupati Sanjaya beserta jajaran pemerintah Kabupaten Tabanan. “Kami berterima kasih atas dukungan Bapak Bupati.

Terselenggaranya pembangunan dan yadnya ini adalah hasil gotong-royong krama kami yang selalu mengutamakan kebersamaan,” ujar Arya Saputra.

Rangkaian roadshow ini menunjukkan komitmen Bupati Sanjaya dalam mendukung pelestarian adat, budaya, dan pembangunan desa, memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, serta mendorong pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Tabanan.[*rls]

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.