fbpx
CeremonialTabanan

Bupati Tabanan Apresiasi Gotong-Royong Warga dalam Rangka Karya Yadnya

TABANAN, MEDIAPELANGI.com – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, kembali menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan dan pelestarian budaya di Kabupaten Tabanan dengan menghadiri rangkaian Uleman Karya Yadnya di tiga desa, yakni Desa Adat Demung, Kediri, Desa Kuwum, Marga, dan Desa Mekarsari, Baturiti, pada Sabtu (10/8). Kehadirannya sekaligus memberikan dukungan dan apresiasi terhadap semangat gotong-royong masyarakat yang terlibat.

Karya pertama yang dikunjungi Bupati Sanjaya adalah Uleman Karya Atiwa-tiwa Ngaben Bersama dan Manusa Yadnya di Desa Adat Demung, Kecamatan Kediri. Karya ini diikuti oleh 28 sawa ngaben dengan biaya Rp 5 juta per sawa, serta berbagai jenis upacara lainnya seperti ngelungah, ngelangkir, dan warak keruron yang juga melibatkan puluhan peserta. Selain itu, terdapat pula upacara manusa yadnya berupa metatah dan mepetik yang diikuti oleh masing-masing 28 orang.

Selanjutnya, Bupati Sanjaya menghadiri Ngupasaksi Karya Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya di Balai Banjar Kuwum Anyar, Desa Kuwum, Kecamatan Marga. Karya ini akan mencapai puncaknya pada 12 Agustus mendatang dan melibatkan 29 sawa ngaben, 19 peserta ngelangkir, 24 peserta metatah, serta 26 peserta nelu bulanan. Biaya yang dikenakan untuk setiap sawa ngaben adalah Rp 4 juta.

Kunjungan ketiga Bupati Sanjaya adalah di Desa Adat Tundak, Banjar Adat Tundak, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, yang juga akan menggelar puncak Karya Pitra Yadnya pada 12 Agustus. Karya ini diikuti oleh 44 sawa ngaben dengan biaya Rp 500 ribu per sawa, serta berbagai upacara lainnya.

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi tinggi terhadap semangat gotong-royong yang ditunjukkan oleh masyarakat di masing-masing desa. Menurutnya, karakter masyarakat Tabanan yang agraris dan “guyub” sangat membantu dalam pelaksanaan pembangunan, termasuk pelestarian agama, adat, seni, dan budaya. “Selama 3,5 tahun menjadi Bupati dan 10 tahun sebelumnya sebagai Wakil Bupati, saya selalu berusaha turun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk Ngupasaksi,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Bupati Sanjaya didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, para kepala perangkat daerah, serta tokoh masyarakat setempat. Kehadiran mereka disambut antusias oleh masyarakat adat setempat.

Ketua Panitia Karya di Banjar Adat Kuwum Anyar, Ida Bagus Surawan, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan oleh Bupati Tabanan. Ia berharap agar acara pengabenan yang akan dilakukan rutin setiap lima tahun ini terus mendapatkan perhatian dari pemerintah di masa mendatang.[*rls]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.