fbpx
FeaturedJembranaKesehatanPeristiwa

Pasca Kasus Gigitan Anjing, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana Vaksinasi Rabies Massal

JEMBRANA, MEDIAPELANGI.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana melakukan aksi vaksinasi rabies massal di Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Bali, Selasa (23/6/6/2020)

Aksi tersebut menindaklanjuti dari kasus gigitan anjing rabies di Desa Mendoyo Dauh Tukad yang mengigit 9 warga dengan melakukan vaksinasi massal ini dilakukan guna mencegah penularan rabies kian meluas.

Bupati Jembrana I Putu Artha yang turun langsung memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Mendoyo Dauh Tukad mengungkapkan, kegiatan vaksinasi rabies dilakukan untuk melindungi hewan peliharaan masyarakat dari serangan virus rabies yang dapat membahayakan hewan peliharaan yang pada akhirnya dapat membahayakan masyarakat.

Baca Juga:  Baru Saja Dibangun, Balai Pewarengan di Pura Melanting Kembang Merta Roboh

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana untuk tetap melayani masyarakat,” tegas Putu Artha, Selasa.

Dengan semangat dan antusiasme masyarakat Pekon Sukapura diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran penyakit rabies di wilayah Pekon Sukapura.

“Kita mengharapkan semangat ini bukan hanya berhenti di Desa Mendoyo, tapi juga di seluruh wilayah Kabupaten Jembrana sehingga diharapkan Jembrana bisa terbebas dari rabies,” harapnya seraya menambahkan, untuk membebaskan Jembrana dari Rabies diperlukan kerjasama dari semua pihak terutama kesadaran dari pemilik hewan penular rabies (HPR) untuk memvaksin secara rutin dan mengikat/mengandangkan hewan peliharaannya.

Disamping itu juga pihaknya mengucapkan terimakasih kepada msyarakat Mendoyo yang sangat peduli dengan hewan peliharaannya. “Cuma saya tidak mau nanti mereka terkontaminasi dengan anjing liar,”harapnya.

Dari 825 ekor populasi anjing di Desa Mendoyo Dauh Tukad, Pemkab Jembrana menargetkan bisa melakukan vaksinasi minimal 80 persen dari jumlah populasi tersebut.

Vaksinasi massal di Desa Mendoyo Dauh Tukad dilaksanakan mulai hari ini hingga 30 Juni 2020 mendatang.(mp/ka-ak)

 

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.