fbpx
KarangasemSosial

Ida Mahendra Jaya Himbau Kurangi Konsumsi Makanan Manis pada Anak

KARANGASEM, MEDIAPELANGI.com –  Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, meminta agar orang tua lebih selektif dalam memberikan makanan kepada anak. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kegiatan Berkunjung dan Berbagi di Desa Seraya, Kecamatan Karangasem, pada Senin (12/8) pagi.

“Saya melihat banyak anak-anak yang giginya berlubang dan hitam-hitam. Ini karena makanan yang dikonsumsi anak. Kalau bisa, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis,” katanya saat menyampaikan sambutan singkat di Balai Banjar Dinas Kaler, Desa Seraya. Ia menyampaikan bahwa makanan dan minuman yang terlalu manis sangat tidak baik untuk kesehatan gigi anak. Begitu pula dengan makanan ringan seperti chiki-chiki yang sering diberikan kepada anak, karena selain banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet buatan, juga dapat menurunkan nafsu makan anak.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem, Ny. Nuriasih Gede Dana, menyampaikan bahwa stunting perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelaksanaan kegiatan Berkunjung dan Berbagi yang dilaksanakan di Desa Seraya, Kecamatan Karangasem, sebagai wujud sinergi antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Karangasem.

Baca Juga:  Viral! Momen Cagub Bali Wayan Koster Disapa Warga dan Turis Asing di Padangbai

“Sasaran 100 orang balita dengan rincian 50 orang balita memiliki gejala tumbuh kembang dan risiko stunting serta 50 orang balita stunting,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, menyerahkan 50 paket bantuan sembako kepada 50 balita penerima, yang masing-masing terdiri dari 10 kg beras, 1 krat telur, 6 kotak susu, serta paket sikat dan pasta gigi anak.

Selain itu, diserahkan juga paket bantuan lainnya, di antaranya 50 krat telur oleh Kepala Perwakilan BKKBN Bali, 50 paket susu oleh PD IBI Bali, 50 paket berisi olahan ikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, 10 paket bantuan kebutuhan balita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem, 50 paket bantuan oleh BPD Bali, serta penyerahan 500 butir telur dan 500 bibit tanaman cabai kepada Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem, serta 40 paket olahan ikan kepada anak TK/PAUD Santi Yoga Seraya. Selain itu, dilaksanakan juga pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB gratis, serta pemeriksaan tumbuh kembang anak melalui kegiatan posyandu.

Menutup kegiatan Berkunjung dan Berbagi di Desa Seraya, Ny. Ida Mahendra Jaya mengunjungi 4 (empat) rumah anak berisiko stunting untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan anak-anak tersebut sembari memberikan paket bantuan. Ia berpesan kepada orang tua agar terus memperhatikan asupan gizi dan tumbuh kembang anak. Sementara kepada kader posyandu desa, ia meminta agar tumbuh kembang anak terus dipantau setiap bulannya. Bahkan, jika perlu, datang langsung ke rumah balita jika ada yang berhalangan hadir.[*rls]

Berita Terkait

Back to top button
error: Konten ini terlindungi.